STRATEGI BISNIS
Telkomsel, Indosat, Axis Telekom dan Bakrie Telecom
DISUSUN
OLEH :
ANATYAS SARI K K7409009
ARUM
HERNAWATI K7409020
DENY
LUVITA SARI K7409033
KELAS A
PENDIDIKAN
AKUNTANSI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SEBELAS MARET
SURAKARTA
2012
A.
TELKOMSEL
Unsur-unsur
utama strategi TELKOM adalah:
- Mengoptimalkan layanan jaringan telepon tidak
bergerak kabel
Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat penetrasi sambungan
telepon tidak bergerak terendah di Asia Tenggara. Posisi per 31 Desember
2009, mayoritas sambungan layanan berada di kota-kota besar utama:
Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, Medan dan Denpasar. TELKOM bermaksud
memperkuat bisnis telepon tidak bergerak kabel dengan:
·
Meningkatkan
biaya yang kompetitif melalui perbaikan efisiensi lintas fungsional;
·
Transformasi
infrastruktur legacy menjadi infrastruktur NGN;
·
Meningkatkan
penetrasi sambungan telepon tidak bergerak dengan lebih cepat dan dengan
belanja modal yang lebih rendah per sambungan melalui penggunaan teknologi
telepon tidak bergerak nirkabel;
·
Meningkatkan
penggunaan layanan suara dan layanan bernilai-tambah pada produk telepon tidak
bergerak kabel;
·
Meluncurkan
program-program untuk pengelolaan pemutusan sambungan;
·
Memperkuat
bisnis interkoneksi melalui pembangunan pusat layanan yang dikhususkan untuk
operator telekomunikasi dan pelanggan interkoneksi lainnya, membuka lebih banyak
gerbang ke operator telekomunikasi lain, menawarkan harga yang lebih menarik,
dan menyediakan layanan billing yang lebih baik;
·
Memperkuat
Plasa TELKOM, pusat layanan pelanggan, sebagai titik penjualan untuk layanan
TELKOM;
·
Mengembangkan
dan memperluas bisnis Sambungan Langsung Internasional;
·
Meningkatkan
jaringan akses telepon tidak bergerak kabel untuk menyediakan kemampuan pita
lebar; dan
·
Mendirikan
Divisi Akses sebagai bagian unit bisnis terpisah pada akhir tahun 2009 untuk
mengembangkan dan memperkuat bisnis akses TELKOM.
- Menggabungkan & meningkatkan bisnis
jaringan tidak bergerak nirkabel dan mengelola portofolio nirkabel
Perusahaan
menawarkan layanan telepon tidak bergerak nirkabel berbasis CDMA dengan
mobilitas terbatas menggunakan merek dagang "TELKOMFlexi".
TELKOM berencana untuk terus memperluas jaringan telepon tidak bergerak
nirkabel berbasis-CDMA di seluruh divisi regional. Dibandingkan dengan
jaringan telepon tidak bergerak kabel, jaringan tidak bergerak nirkabel berbasis-CDMA
pada umumnya lebih cepat dan lebih mudah dibangun, dan memberikan
fleksibilitas serta mobilitas yang lebih besar kepada pelanggan. TELKOM
yakin bahwa pembangunan jaringan telepon tidak bergerak nirkabel
berbasis-CDMA dan bisnis TELKOMFlexi akan memberikan keunggulan kompetitif
kepada TELKOM dalam menghadapi liberalisasi dan meningkatkan persaingan di
pasar sambungan telepon tidak bergerak. Kami juga mengembangkan program
pemakaian bersama infrastruktur (sharing joint infrastructure program)
antara TELKOMFlexi dan Telkomsel untuk mempercepat pembangunan jaringan
telepon tidak bergerak nirkabel dan memberikan lebih banyak nilai bagi
TELKOMGroup.
Untuk
meningkatkan kemampuan organisasi dalam mengelola bisnis akses tidak bergerak
nirkabel (FWA), TELKOM mengembangkan entitas bisnis terpisah dalam perusahaan
untuk dapat lebih responsif dalam bereaksi terhadap pasar. TELKOM juga dapat
mempertimbangkan untuk melakukan akuisisi atau konsolidasi bisnis dalam rangka
peningkatan dan pertumbuhan bisnis FWA kedepan jika terdapat peluang bisnis
yang menguntungkan.
- Investasi pada jaringan pita lebar
Perusahaan bermaksud menumbuhkan bisnis pita lebar dan akses internet
dengan, antara lain:
·
Meningkatkan
investasi di infrastruktur pita lebar TELKOM untuk jaringan kabel dan nirkabel
(seperti DSL, MSAN, FTTx dan HSPA);
·
Fokus
pada upaya mempertahankan dan meraih pelanggan yang memiliki tuntutan tinggi
atas layanan data dengan menawarkan harga yang kompetitif untuk layanan data
dan internet kecepatan tinggi (termasuk layanan bernilai-tambah) dan full IP
VPN, dan memperluasbackbone TELKOM serta teknologi akses jaringan;
·
Memberikan
kepada pelanggan pilihan akses internet yang lebih luas seperti melalui
teknologihotspot nirkabel dan bundling layanan akses internet
dengan produk TELKOMFlexi dan produk Telkomsel;
·
Mengembangkan
dan menawarkan layanan bernilai-tambah dan produk baru, seperti layanan
korporasi terintegrasi untuk bank dan pelanggan korporasi lainnya; dan
·
Memperluas
jangkauan dan kualitas internet protocol backbone untuk meningkatkan
kapasitastraffic data dan internet.
- Mengintegrasikan solusi enterprise dan
berinvestasi di wholesale
Dalam upayanya untuk meningkatkan nilai kontribusi dari bisnis korporasi,
TELKOM membentuk tiga strategi bisnis yang mempertahankan bisnis inti
dengan secara selektif memilih investasi di bidang akses dan konektivitas
(seperti IP VPN, frame relay, sambungan sewa, dll) dengan
tetap fokus kepada pelanggan strategis, memanfaatkan sepenuhnya potensi
pelanggan TELKOMGroup, serta memperluas ruang lingkup penawaran dan
kemampuan untuk tetap bertumpu pada pertumbuhan peluang di masa mendatang.
- Mengintegrasikan Next Generation Network
Sebagai
upaya untuk meningkatkan infrastruktur dan kemampuan layanan serta menekan
biaya, TELKOM menerapkan teknologi jaringan generasi berikutnya atau NGN (platform berdasarkan
IP) di seluruh TELKOMGroup dengan mengintegrasikan jaringan inti NGN untuk
kabel tidak bergerak dan yang bergerak serta mengembangkan jaringan
akses Metro Ethernet.
- Mengembangkan layanan teknologi informasi,
bisnis media dan edutainment dan industri-industri yang memiliki kedekatan
TELKOM memutuskan untuk mengubah usahanya tidak
hanya menjadi perusahaan terkemuka di bidang telekomunikasi, tetapi juga
mencari peluang pendapatan baru dengan mengembangkan industri yang memiliki
kedekatan. Transformasi bisnis ini disebut dengan TIME (Telekomunikasi,
Informasi , Media, dan Edutainment) ekspansi ini juga menawarkan peluang pertumbuhan baru yang
signifikan serta meningkatkan kemampuan bisnis utama. Bersamaan dengan ini,
TELKOM telah berhasil dalam tindakan korporasi sebagai berikut:
·
Pada
tahun 2008, Metra, anak perusahaan TELKOM dengan kepemilikan penuh, menutup
akuisisi sebesar 80% saham PT Sigma Cipta Caraka (SIGMA), yang merupakan
pemimpin di bidang layanan TI di Indonesia terutama layanan keuangan dan
perbankan;
·
Pada
bulan Juni 2009, Metra, anak perusahaan TELKOM dengan kepemilikan penuh, telah
berhasil mengakuisisi 49% saham PT Infomedia Nusantara, yang merupakan pemimpin
di bidang informasi, komunikasi, dan data perusahaan dalam industri
telekomunikasi di Indonesia khususnya di direktori informasi, contact
center, dan layanan konten. Kemudian, kepemilikan saham PT Infomedia Nusantara
menjadi 49% dimiliki oleh Metra dan 51% dimiliki oleh TELKOM;
·
Sampai
akhir tahun 2009, PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telkom
Internasional), anak perusahaan TELKOM dengan kepemilikan penuh, telah membeli
saham Scicom, perusahaan call center global yang berlokasi di
Malaysia, sebanyak 15,86%; dan
·
Perusahaan
baru di bawah Metra dibentuk pada bulan April 2009, yang disebut Metra-Net,
portal, platform aplikasi ecommerce dan mobile serta
perusahaan konten/entertaiment yang berlokasi di Indonesia.
Selain
itu, TELKOM melalui Telkom Internasional telah memperkuat infrastruktur
internasional dengan menggunakan kabel fiber optik bawah laut dan menjadi
anggota konsorsium AAG dengan landing point di seluruh Asia
dan Amerika.
- Meningkatkan Sinergi antara TELKOM dan
Telkomsel
Perusahaan
berupaya meningkatkan sinergi dengan Telkomsel dan meningkatkan fasilitas dan
informasi, memadukan sumber daya dan meningkatkan koordinasi. Sumber daya ini
mencakup jaringan, pemasaran, dukungan infrastruktur (seperti teknologi
informasi, logistik, pengembangan sumber daya manusia dan pengadaan) serta
produk dan layanan (seperti pengembangan produk baru, pengemasan/bundling layanan
dan interkoneksi). Contoh khususnya mencakup :
·
Berbagi
lokasi dan menara BTS, fasilitas mekanik dan elektrikal secara agresif untuk
mengembangkan jangkauan TELKOMFlexi;
·
Pada
tahun 2009, Telkomsel menggunakan jaringan Metro Ethernet TELKOM
sebagai mobile backhaul untuk lebih dari 900 nodes yang
dimiliki oleh Telkomsel dalam mendukung penetrasi layanan pita lebar bergerak.
Kami berharap bahwa sinergi ini akan terus berlanjut untuk menyediakan mobile
backhaul berdasarkan IP untuk lebih dari 4.000 nodes di tahun
2010;
·
Memanfaatkan
basis pelanggan gabungan TELKOMGroup untuk saling memberikan produk yang
relevan satu sama lain (seperti menawarkan layanan TELKOMSLI 007 kepada
pelanggan Telkomsel dengan keuntungan khusus dan kampanye promosi bersama);
·
Meningkatkan
kualitas layanan TELKOMSLI 007 untuk pengguna telepon seluler baik pelanggan
Telkomsel maupun pengguna roaming internasional dengan menyediakan
tambahan sambungan signaling langsung ke mitra roaming internasional
Telkomsel;
·
Menyediakan
skema harga interkoneksi untuk TELKOMSLI 007 dan layanan VoIP 01017 yang menguntungkan
TELKOM dan Telkomsel. Dengan memanfaatkan skema ini, Telkomsel dapat
menyediakan kepada pelanggan berbagai layanan SLI dan VoIP dengan harga
terjangkau yang akan meningkatkan trafik TELKOM SLI dan VoIP;
·
Kegiatan
promosi dan pemasaran bersama untuk kondisi tertentu yang diharapkan dapat
menghasi lkan manfaat tambahan bagi TELKOMGroup;
·
Memanfaatkan
sambungan distribusi yang tersedia untuk memperbaiki layanan dan kegiatan
penjualan kepada pelanggan (seperti petugas customer service officer bersama);
dan
·
Berbagi
fasilitas lainnya seperti fasilitas pelatihan, fasilitas penelitian dan
pengembangan
- Mempertahankan Keunggulan Telkomsel di Industri
Seluler
Kami berkeyakinan bahwa dari semua aktivitas yang dijalani, bisnis seluler
memberikan peluang terbesar bagi pertumbuhan pendapatan. Kami menyediakan
layanan seluler melalui Telkomsel, pemimpin pasar dalam bisnis seluler di
Indonesia. Berdasarkan data statistik industri pada tanggal 31 Desember
2009, Telkomsel diperkirakan memiliki pangsa pasar sekitar 49% dari pasar
seluler secara keseluruhan dan mempertahankan posisinya sebagai operator
berlisensi seluler GSM tingkat nasional terbesar di Indonesia. Kami
bermaksud mengembangkan lebih lanjut bisnis Telkomsel antara lain dengan
menawarkan tarif yang kompetitif dan melakukan promosi, layanan nilai
tambah untuk produk dan layanan, dan mengembangkan kapasitas dan jangkauan
jaringan Telkomsel. Kami meyakini bahwa 35% saham SingTel Mobile di
Telkomsel dapat memperbesar kemampuan Telkomsel untuk mengakses
perkembangan teknologi dan keahlian pemasaran SingTel Mobile dalam bisnis
seluler dan meningkatkan peluang kerjasama di antara Telkomsel dan SingTel
Mobile dalam mengembangkan produk baru, sehingga memperkuat dan membuat
posisi Telkomsel lebih baik lagi dalam menghadapi persaingan dari operator
telepon seluler lain.
Unsur-unsur
utama dalam strategi bisnis Telkomsel terdiri dari:
·
Memanfaatkan
pemasaran, operasional dan sinergi jaringan dengan TELKOM dan berbagi praktik
terbaik dan know-how dengan SingTel Mobile;
·
Memperbesar
kapasitas dan memperluas jangkauan pada tingkat kualitas yang telah di tentukan
untuk menangani per tumbuhan pelanggan;
·
Mempertahankan
atau meningkatkan pangsa pasar dengan terus menerus menyelaraskan karakteristik
dan fitur penawaran layanan Telkomsel dengan berkembangnya kebutuhan pelanggan
retail dan pelanggan korporat, meningkatkan produk dan portofolio layanan
(termasuk layanan GPRS, EDGE, 3G dan HSPA), memperluas kapasitas jaringan dan memperbaiki
kualitas layanan;
·
Memastikan
bahwa Telkomsel memiliki infrastruktur IT yang dapat memenuhi visi dan misi,
dengan fokus khusus pada bidang-bidang seperti penagihan, penyampaian layanan,
dan layanan kepada pelanggan; dan
·
Mencapai
tingkat layanan setara dengan penyedia layanan seluler kelas dunia
melalui call center footprint dan sasaran berorientasi layanan.
Kami
berkeyakinan bahwa dari semua aktivitas yang dijalani, bisnis seluler
memberikan peluang terbesar bagi pertumbuhan pendapatan. Kami menyediakan
layanan seluler melalui Telkomsel, pemimpin pasar dalam bisnis seluler di
Indonesia
B.
PT AXIS Telekom Indonesia (AXIS)
AXIS adalah operator GSM nasional dengan pertumbuhan tercepat di
Indonesia. Perusahaan ini menyediakan layanan 2G, 3G, dan BlackBerry® secara
nasional dan menjangkau seluruh dunia melalui lebih dari 300 mitra roaming
internasional di lebih dari 150 negara.
AXIS memiliki misi untuk mewujudkan layanan telepon, SMS, data dan
fitur-fitur layanan lain tersedia dan terjangkau bagi semua masyarakat
Indonesia. Perusahaan ini pertama kali meluncurkan layanannya pada Februari
2008 dan memperkenalkan pendekatan yang berbeda pada penawarannya melalui
produk dan layanan yang sederhana, mudah dipahami dan tarif yang transparan.
AXIS juga menantang norma pasar dengan menghadirkan penawaran yang jujur tanpa
syarat dan ketentuan tersembunyi.
Kerjasama yang inovatif dan investasi yang berkelanjutan
mempercepat ekspansi perusahaan dan memposisikan AXIS sebagai brand nasional
yang menjangkau lebih dari 80% populasi di Indonesia, meliputi Jawa, Bali,
Lombok, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Layanan AXIS kini tersedia di lebih
dari 400 kota di seluruh Indonesia, dan kini sebagai operator keempat di
Indonesia dalam hal luas wilayah jangkauan.
Kami didukung penuh
oleh perusahaan telekomunikasi global, Saudi Telecom Company (STC)
STC hadir di lebih dari 10 negara, termasuk Turki, Yordania,
Libanon, Afrika Selatan, Saudi Arabia, Bahrain, Kuwait, India, Malaysia dan
Indonesia. Komitmen jangka panjang STC untuk mengembangkan industri
telekomunikasi di Indonesia baru-baru ini dibuktikan dengan peningkatan
kepemilikannya di AXIS hingga 80%. AXIS adalah satu-satunya operator seluler
yang memiliki hubungan dengan STC, operator terbesar di Arab Saudi, yang
memberi kenyamanan maksimal konsumennya pada saat menjalankan ibadah Haji
maupun Umrah.
Kami adalah operator GSM dengan
pertumbuhan paling pesat di Indonesia
Dalam waktu hanya tiga tahun beroperasi, AXIS telah
menginvestasikan 1 milyar dolar Amerika, dan telah menjangkau lebih dari 80%
populasi Indonesia, dimana produk dan layanannya tersedia di lebih dari 400
kota. Pendapatan AXIS meningkat hingga dua kali lipat di 2010 dibandingkan
2009. AXIS menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas keyakinan
dan kepercayaan yang diberikan. Kami juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan
yang berhubungan dengan pendidikan dan pelestarian lingkungan.
AXIS Kini dan Masa
Depan
Bertekad untuk memperkuat sumber daya manusia kami dan menciptakan
lebih banyak kesempatan kerja untuk anak bangsa baik langsung maupun tidak
langsung. Rencana konkret dan pendanaan disiapkan untuk membangun lebih dari
9.000 Base Transceiver Station (BTS) tambahan dalam tiga tahun. AXIS akan
mempersatukan Indonesia dengan layanan mobile broadband dengan menggunakan
teknologi yang paling mutakhir.
Bagaimana Kami
Menjalankan Bisnis
AXIS percaya bahwa bukan hanya "Apa
yang Kami Kerjakan" penting, namun juga "Bagaimana Kami
Mengerjakannya". Komitmen perusahaan untuk menjalankan seluruh aktifitas
dengan penuh tanggung jawab dan tidak lupa untuk selalu memiliki semangat
tinggi. Di manapun Kami berada, obligasi Kami untuk menjalankan bisnis dengan
penuh integritas dan bertindak dalam peraturan dan nilai-nilai korporasi.
Tujuan dan Visi
Perusahaan
Tujuan utama AXIS adalah untuk
menciptakan nilai lebih bagi para pemilik saham, pelanggan dan mitra Kami pada
khususnya dan masyarakat pada umumnya. Kerja Keras Kami untuk dapat menjadi
kekuatan pendorong bagi penciptaan, menyederhanaan dan perkenalan komunikasi
bergerak dan solusi-solusi kandungan seluler ke pasar.
Brand AXIS, mengartikulasikan ambisi perusahaan dan Logo Kami adalah
simbol dari pergerakan dan perubahan evolusi tanpa henti AXIS guna lebih
mendukung pelanggan Kami untuk mendapatkan keuntungan penuh dari layanan
komunikasi bergerak dalam kehidupan mereka sehari-hari.
AXIS ingin agar para
pelanggan dengan mudah mendapatkan apa yang mereka inginkan, kapanpun mereka
menginginkannya. Kami akan menepati janji dan menghantarkan apa yang telah kami
sebutkan. Kami akan terus menerus memberikan inovasi dalam menyampaikan ide-ide
segar.
Strategi Bisnis
a.
Meluncurkan Paket Tak Terbatas
Mei 2010
Axis memperkenalkan layanan “Paket Tak Terbatas”, layanan BlackBerry mingguan
dan bulanan layanan yang memberikan bonus gratis menit bicara tanpa harus
membayar lebih. General Manager Marketing Acquisition Axis, Edwin Cheah,
mengatakan dengan paket bulanan itu pelanggan dapat menikmati 5 ribu menit
waktu bicara ke sesama Axis, sedangkan yang paket mingguan memberikan seribu
menit bicara.
“Ini
merupakan bentuk komitmen kami dalam menawarkan layanan terjangkau dan
inovatif. Layanan seperti ini sekaligus menghadirkan layanan terbaru yang
menjadi pertama di Indonesia,” katanya. Ia mengatakan, penyempurnaan dari
tersebut adalah bagian dari komitmen Axis untuk terus menawarkan layanan yang
terjangkau. Dengan memasukkan gratis menit bicara dalam Paket Tak Terbatas
Mingguan dan Bulanan layanan BlackBerry ini, pihaknya memberikan yang lebih
kepada para pelanggan.
“Kami
semua di Axis berkomitmen untuk memberi para pelanggan kami pengalaman terbaik
dalam berkomunikasi dengan tarif seperti yang mereka harapkan, serta terus
melengkapi mereka dengan layanan yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan
tanpa perlu khawatir dengan biaya,” katanya.
Penawaran
yang pertama ada di Indonesia ini akan memungkinkan para pelanggan Paket Tak
Terbatas Mingguan dan Bulanan Layanan BlackBerry Axis Worry-Free untuk
menikmati keuntungan penuh dari biaya berlangganan BlackBerry-nya yaitu dapat
melakukan panggilan gratis ke sesama nomor AXIS.
“Untuk aktivasi Paket Layanan Tak
Terbatas AXIS dan menikmati penawaran terbaik ini, pelanggan cukup melakukan
registrasi ke *123#. Silakan kunjungi website kami www.axisworld.co.id untuk
informasi lebih rinci dari layanan BlackBerry Axis Worry-Free,” katanya.
b.
Strategi AXIS Menjelang Bulan Puasa
Axis pun
tidak berencana menambah kapasitas data ataupun voice (panggilan suara)
di jaringannya menjelang bulan Ramadhan. Menurut Regional Sales Manager Axis
untuk Jawa Tengah, Mohammad Cahyadi, kapasitas jaringan Axis untuk data dan
voice masih memadai.
“Untuk
kapasitas voice kita menilai cukup memadai, jadi tidak ada penambahan,” ujarnya
kepada pewarta dalam uji jaringan Axis. Menurutnya, berdasarkan pengalaman
Ramadhan tahun lalu, ketika mudik, tidak terjadi lonjakan pemakaian layanan
Axis dari sisi akses data maupun voice. Yang meningkat hanyalah pemakaian
layanan SMS yakni menjadi 2-3 kali lipat dari hari-hari biasa. “Data, tidak ada
yang drastis, hanya SMS yang bisa naik 2-3 kali lipat dari biasa,” katanya.
Layanan
SMS, lanjut Cahyadi, memang menjadi daya tarik Axis karena sasaran utama Axis
adalah pelanggan kelas C, D, dan E. Meskipun saat ini Axis mencoba menyasar
kelas A, dan B dengan paket BlackBerry Rp 79 ribunya. Sebagai operator GSM nasional,
hingga kini Axis telah memiliki lebih dari 4500 Base Transceiver Station (BTS)
serta menjangkau lebih dari 400 kota di Indonesia. Pelanggan Axis hingga kini
mencapai sekitar 6 juta orang dengan sekitar 60.000 pelanggan BlackBerry Axis.
C.
PT
INDOSAT (PERSERO)
Strategi bisnis Indosat :
1. Partisipasi
dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi domestic
Indosat memandang investasinya pada infrastruktur telekomunikasi domestik
selain sebagai alat untuk memperluas pasar jasa telekomunikasi internasional,
juga sebagai sumber pendapatan baru untuk perusahaan. Dua ventura utama Indosat
pada lapangan ini adalah PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia sebagai
pemegang lisensi operator telekomunikasi di daerah Jawa Tengah, PT Pramindo
Ikat Nisantara di Sumatra, dan PT Telekomunikasi Selular Indonesia (Telkomsel),
perusahaan join-ventura jasa GSM selular bergerak.
2. Meningkatkan peranannya dalam telekomunikasi regional dan internasional
Indosat memulai proyek internasional, melibatkan join-ventura dengan
mendasarkan sebagaimana membangun carriers telekomunikasi internasional. Tujuan
utamanya adalah meningkatkan lalu-lintas internasional melalui gerbang
perusahaan, memperoleh pendapatan langsung dari proyek dan mendapatkan tambahan
keahlian dari pembukaan internasional. Sampai sekarang, Indosat terikat dengan
berbagai proyek telekomunikasi termasuk join-ventura dengan entitas
telekomunikasi yang bersangkutan dari Kamboja dan Kazakstan dan investasi
ekuitas pada jasa selular berbasis PHS di Jepang sebagaimana di USA Global Link
dan Alphanet Telecom Inc. Keduanya adalah pemain utama carrier telekomunkasi.
Sebagai tambahan, Indosat telah bergabung dengan aliansi internasional seperti
Concert and World Partners dan telah ditunjuk sebagai gerbang bagi Sistem
Bergerak Global Inmarsat, SAN ICO melayani kawasan Asia Tenggara.
3. Mengambil diversifikasi terbatas pada bisnis komplementer
Indosat juga mencoba untuk mendiversifikasi pada daerah di mana keahlian
perusahaan dalam telekomunikasi dapat dipergunakan untuk mengoptimumkan efek
seperti pada jasa bernilai tambah yang melengkapi bisnis core perusahaan. Jasa
–jasa ini tersedia melalui perusahaan anak dan pada saat ini meliputi beberapa
jasa pertukaran data elektronik, bank elektronik, multimedia , dan internet.
D.
BAKRIE TELECOM
Strategi Bisnis Bakrie Telecom :
Ü
Esia
mendobrak melalui pricing strategy, dengan munculnya tarif per detik, dan sms
per karakter.
Ü
Sebuah
inovasi baru dari ESIA yang langsung menghadang para pemain lama di seluler,
akhirnya hal ini diikuti hampir oleh semua operator. Langkah yang cukup
diperhitungkan adalah strategi untuk memecahkan pasar seluler khususnya GSM
dengan memunculkan berbagai macam Hape low end tematis. Dan langkah inipun
kemudian diikuti oleh hampir seluruh operator seluler di Indonesia.
Ü
Strategy
baru yang dimunculkan untuk mengakuisi dan sekaligus penetrasi pasar adalah
ESIA Bispak (Esia bisa pake tarif manapun), strategy ini menguatkan positioning
ESIA sebagai TERMURAH, karena pelanggan dapat langsung membandingkan tarif
operator seluler lainnya bahkan memberi diskon lagi sebanyak 10 %, untuk
membuktikan bahwa ESIA adalah termurah. Dan langkah ini pun mulai diikuti oleh
operator- operator seluler yang lainnya. Serta merta belum habis penasaran
market terhadap ESIA BISPAK, muncul kembali iklan ESIA SUKA-SUKA untuk
memanjakan pelanggan dan calon pelanggan dengan tawaran memilih nomer ESIA
sesuai keinginan.
Ü
Bakrie
Telecom kembali membuktikan diri sebagai pelopor inovasi dengan memperkenalkan
2 tipe terbaru Hape Esia Hidayah: Hape Esia Hidayah Plus dan Hape Esia Hidayah
Syiar. Keduanya memiliki fitur Islami yang lebih lengkap dan canggih serta
dilengkapi dengan tenaga baterei yang tahan lama dengan waktu standby bisa
sampai lebih dari 10 hari. Kehadiran kedua Hape Esia Hidayah terbaru ini
diharapkan akan semakin memudahkan masyarakat Indonesia untuk mengakses
Al-Qur’an dan Hadits kapan saja dan dimana saja. Berbagai keuntungan dapat
dimiliki pelanggan karena fitur-fitur Islaminya lengkap dan canggih.
Ü
Esia
kembali meluncurkan terobosan programnya yang terbaru, ”Gosok Pasti Untung”
untuk membuktikan keseriusannya mengembangkan program yang menguntungkan
pelanggan. Dengan program Gosok Pasti Untung, Esia memberikan bonus tambahan
talktime bagi setiap pelanggannya yang membeli kartu isi ulang khusus Gosok
Pasti Untung senilai Rp 25 ribu ditambah dengan berbagai hadiah hingga hadiah
utama sepeda motor. Total hadiah yang dibagikan kepada pelanggan Esia mencapai
angka Milyaran.
Ü
Bakrie
Telecom mulai melakukan terobosan inovatif untuk memperkenalkan program
pengumpulan telepon selular (ponsel) yang sudah tidak terpakai atau telah
menjadi barang rongsokan dalam kondisi apa pun, hidup maupun mati. Aktivitasnya
tidak saja berupa pengumpulan ponsel bekas atau rongsokan, namun juga meliputi
charger, baterei ponsel, cangkang kartu RUIM bekas, kartu perdana bekas maupun
kartu isi ulang bekas beserta plastiknya.
KEUNGGULAN dan
KELEMAHAN
A. TELKOMSEL
Keunggulan
:
1.
Luas
jangkauan
Tidak mengherankan jika Telkomsel
digunakan banyak orang. Jangkauan sinyal operator ini telah melayani 95%
populasi penduduk.
2.
Kualitas
jaringan
Kualitas jaringan yang ditawarkan
merupakan standar dunia, dimana tingkat keterhubungannya mencapai 98,66%.
Kenyamanan koneksi jugadidukung akses jaringan Dual-Band GSM 900,
1800, plus 3G (WCDMA/HSDPA).
3.
Inovasi
produk dan layanan
Kemudian dari sisi inovasi produk
dan layanan.Akses 3G, Telkomsel Flash, mobile banking, mobile wallet T-Cash,
BlackBerry Internet Service, iPhone 3G, nada sambung pribadi dan ribuan konten
layanan lainnya. Merupakan layanan yang memenuhi kebutuhan mobile era lifestyle
zaman sekarang.
4.
Layanan
pelanggan yang andal
Tak hanya itu, pelanggan yang
kesulitan dalam menggunakan layanan juga memiliki sarana penyaluran yang
memadai. Telkomsel memiliki 550 ribu pusat layanan berstandar ISO:9001 versi
2000, berupa Call Center, GraPARI, GeraiHALO, KiosHALO, Outlet Dealer, dan
M-Kios.
Kekurangan
:
1. Semakin lama tarifnya semakin
mahal
2. Sinyal internetnya ada namun
koneksinya lemot, hal ini disebabkan karena kuota dari internetnya sudah hampir
habis.
B. INDOSAT
Keunggulan
:
1. Tarifnya yang sangat murah,
termasuk tarif sms, telfon maupun internetan
2. Banyak diberikan bonus dalam setiap
promonya
Kekurangan
:
1.
Kualitas
jaringannya belumseluruh Indonesia, masih ada tempat-tempat di Indonesia yang
belum terjangkau sinyal indosat
2.
Terkadang
sinya lindosat sering erorr
3.
Akses
internet stabil (kecuali ada gangguan cuaca seperti hujan)
4.
Banyaknya
promo indosat yang banyak memberikan gratisan menyebabkan costumer menjadi
bingung untuk memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan setiap costumer karena
rata-rata gratisan yang diberikan relatif sama.
C. BAKRIE
TELECOM
Keunggulan
:
Ü
Inisiatif
Lingkungan
Dalam aktivitas keseharian
perusahaan, kami bekerja demi mencapai sasaran-sasaran yang pro-lingkungan dan
sesuai dengan tekad "Hijau untuk negeri”.
Ü
Produk
ramah Lingkungan
ü
Kami
sedang mengambil langkah-langkah dalam menciptakan handset dan produk lain yang
ramah lingkungan. Sebagai contoh, handset Esia kini dilengkapi pemberitahuan
tentang pengisian baterai untuk mengingatkan pelanggan agar segera melepaskan
charger ketika baterai telah penuh terisi. Fitur ini akan membantu mengurangi
penggunaan listrik dan jejak karbon dari para pelanggan.
ü
Kami
juga telah mengimplementasikan program-program untuk mengurangi penggunaan
kertas dan plastik dalam starter pack dan talk-time voucher kami. Dengan
mencetak lima voucher dalam selembar kertas kartu ukuran 5,6 cm x 8,4 cm,
artinya kami telah menghemat cukup kartu, yang jika disusun pada tepinya,
panjangnya sepadan dengan setengah jarak ke bulan.
Kekurangan
:
Ü
Belum
semua wilayah Indonesia mempunyai sinyal dari operator seluler Bakrie Telecom
Ü
Masih
ada beberapa masyarakat awam yang belum tahu menahu tentang operator seluler
ini sehingga masih jarang yang menggunakannya.
D. AXIS
TELECOM
Keungggulan
:
Ü
AXIS
telah menyiapkan jaringannya untuk menyediakan layanan akses internet
terjangkau bagi masyarakat Indonesia, melalui penawaran pilihan paket akses
data yang baru, ini untuk membantu konsumen yang memerlukan akses internet
sesuai dengan kebutuhannya.
Kekurangan
:
Ü
Sama
seperti halnya Bakrie telecom, menurut kami Axis telecom juga belum begitu
terkenal dikalangan Indonesia sehingga peminatnya hanya segelintir saja. Dikarenakan
pengetahuan yang belum begitu banyak sehingga kebanyakan para masyarakat hanya
menggunakan provider Telkomsel maupun Indosat.
Perusahaan
yang paling unggul strategi bisnisnya :
Menurut kelompok kami strategi
bisnis yang paling unggul adalah dari Telkomsel. Karena telkomsel sinyalnya
sudah menjangkau diseluruh Indonesia bahkan dipelosok-pelosok pedesaan. Berbeda
dengan operator seluler yang lain. Meski memang tergolong murah namun jika
sinyalnya belum dapat terjangkau maka hal tersebut hanyalah omong kosong
belaka. Oleh sebab itu telkomsel
merupakan provider yang menjuarai dari semua provider yang ada. Sebab telkomsel
sudah ada sejak dulu sehingga telkomsel sudah banyak dikenal oleh masyarakat.
Bahkan kebanyakan masyarakat lebih mengenal telkomsel dibandingkan dengan
provider yang lainnya.