Senin, 01 Oktober 2012

PPL bag 2

Diposting oleh Neng Rumz di 01.16

Praktek Mengajar Pertama…

Deg-deg an, gemeteran, grogi campur aduk jadi satu. Yupz itu yang ku rasain. Dan bener-bener aku rasain. Hari itu sangat berbeda dari biasanya. Tepatnya pada hari sabtu tanggal 29 September 2012 kemarin. Di hari itu untuk pertama kalinya aku ngajar di kelas tanpa didampingi oleh guru pamong. Pas itu guru pamongnya baru hijrah ke Semarang, nganterin anak lomba atau entah apa, ku juga gak begitu tau. Yang jelas, satu hari sebelum itu, tugase buanyyyaaaakkk bangeettttttttt. Dari fotocopy sampe buat surat ijin. * tapi tetep aja semangka semangka yeeee :D

Hari sabtu itu akhirnya tiba… hari dimana aku diharuskan untuk mengajar. Wajib ‘ain malahan. Tuk pertama kalinya aku ngajar selama 6 jam. Woow ngoceh selama itu ngebuat aku jadi dehidrasi level 5. Pada hari itu, aku ngajar 4 kelas , yaitu kelas XI Sos1, XI Sos2, X J dan X K. Alhamdulilah anak-anaknya gak asing buatku. Dan aku pun gak asing buat mereka. Sebab sebelumnya, aku dah pernah ke kelas-kelas itu untuk mengikuti observasi kelas bersama guru pamongku. Dan aku ngajar ekonomi serta akuntansi.

Dag-dig-dug… mungkin kaya gitu bunyi dari hatiku kalo didengerin bener-bener hehe. Klek, pintu terbuka dan semua anak-anak pada teriak kegirangan. Yeeeee….. langsung ramai dan hmm bener-bener ramai kaya pasar. Jam pertama aku ngajar kelas XI Sos1 dan agendanya adalah ULANGAN. Aku pun kalo jadi mereka juga pasti seneng. Karena pas ulangan bukan guru nya yang jadi pengawas melainkan ada guru lain dan itu adalah anak PPL. Hehe.

Tapi jangan senang dulu, awalnya mereka senang dan sampe kegirangan gak jelas. Tapi setelah itu tampang mereka jadi lemes gara-gara semua tas harus dikasih depan, gak ada buku dimeja maupun dilaci. Hahaha yeeeee batinku. Benere kasian juga ngeliat wajah mereka yang lemes-lemes gimana gitu tapi ya ini semua juga buat kebaikan mereka. So why not? ^^

Ulangan mpun berjalan dengan mulus. Alhamdulilah aku juga bisa ngeredam rame mereka. Tiap mereka rame, pasti aku selalu bilang “yang rame, tak catet and entar remidi”. Hehe maaf ya adik-adik :D
Kemudian abiz itu lanjut ke kelas XJ dan XK. Disana anake asyik-asyik. Dan ada satu hal yang ngebuat ku jadi ketawa, entah dikelas XJ atau XK, aku lupa. Disitu ada murid yang sedikit nggombal. Dan dia berani nggombalin aku (secara aku ini calon guru, berani juga tu anak hehe). Pada saat ngajar, anaknya gampang banget diatur. Mungkin karena mereka baru kelas X jadi lebih gampang diatur daripada yang dah kelas XI ataupun XII.

Selain di kelas XI Sos1, XJ dan XK, aku juga ngajar di XI Sos2. Pada saat itu agendanya adalah membahas ulangan. Dari kelas XI Sos yang aku ajar, aku baru tau kalau di kelas XI Sos2 ada anak Olympiade. Yupz anak SMA Negeri 4 Surakarta memang banyak yang menjadi anak Olym, baik akademis maupun non akademis. Namanya kalau gak salah Astrid. Tiap kali aku membahas soal, yang jawab pasti selalu dia. dan pada saat aku nanya “kok yang jawab Cuma Astrid??? Lha yang lainnya kemana??? Trus semuanya pada serentak, kan dia anak Olym mbak…” hmmm jadi gitu. Jadi kalau ada anak Olym, dia bakal jadi tumbal buat ngejawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Mungkin gitu hehe.

Hari itu, ada perasaan seneng tapi ada capeknya juga. Karena Cuma bisa istirahat selama 15 menit. Tapi setelah ngeliat wajah adik-adik yang unyu-unyu, polos, rasa capeknya itu jadi ilang. Apalagi kalo adik-adik yang kita ajar itu dah familiar dengan wajah kita, pasti mereka bakal selalu “aruh-aruh”. Kata orang jawa sih gitu. Dan itu yang aku rasain. ^^

Pokoe happy bangettttttttttttttttt dehhhh ^^


-AR-

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ayum ManiezZz Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea