RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Sukoharjo
Program Keahlian : Akuntansi
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X Ak 1 / 1
Pertemuan Ke - : 1, 2, 3 dan 4
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
Standar
Kompetensi : Mengerjakan
Persamaan Akuntansi
Kompetensi Dasar : Mencatat transaksi dalam
persamaan akuntansi
Indikator : a. Transaksi keuangan dapat diidentifikasi
b.Bentuk-bentuk persamaan akuntansi dapat
diidentifikasi
c. Transaksi dibukukan ke dalam persamaan
akuntansi
I. Tujuan Pembelajaran :
a.
Transaksi keuangan dapat diidentifikasi secara benar
b.
Bentuk-bentuk persamaan akuntansi dapat diidentifikasi
c.
Transaksi dibukukan ke dalam persamaan dasar akuntansi
II. Materi Ajar :
a. Menjelaskan
pengertian persamaan akuntansi
Persamaan akuntansi merupakan suatu
keadaan dimana perhitungan ruas kiri (harta) harus sama besarnya dengan ruas
kanan (utang dan modal). Pencatatan transaksi keuangan harus membentuk suatu
persamaan. Artinya kondisi harta dan modal setelah pencatatan transaksi harus
seimbang. Bila terjadi ketidakseimbangan antara modal dan harta, maka pasti
terdapat suatu kekeliruan dalam pencatatan.
b.Mengidentifikasi bentuk-bentuk
persamaan akuntansi
1)
Keseimbangan
antara Aktiva dan Ekuitas (A = E)
Aktiva
merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan. Ekuitas (sumber pembelanjaan)
menunjukkan siapa atau pihak mana yang membelanjai aktiva tersebut. Oleh karena
itu aktiva harus sama atau seimbang dengan ekuitas. Apabila perusahaan memiliki
aktiva sebesar Rp 50.000.000,00 maka ekuitas harus sebesar Rp 50.000.000,00.
Keseimbangan aktiva dan ekuitas biasanya dinyatakan dalam persamaan akuntansi
sebagai berikut.
Aktiva = Ekuitas
2)
Aktiva
Sama Dengan Kewajiban Ditambah Ekuitas (A = K + E)
Aktiva
perusahaan yang digunakan dalam kegiatan usaha dapat diperoleh melalui dua
sumber, yaitu dari pemilik dan kreditor. Sumber pembelanjaan dari pemilik
disebut dengan ekuitas atau modal, sedangkan aktiva yang berasal dari kreditor
dinamakan kewajiban/utang. Apabila aktiva perusahaan diperoleh melalui dua
sumber, maka persamaan akuntansinya sebagai berikut.
Aktiva = Kewajiban + Ekuitas
Dalam persamaan
akuntansi, kewajiban biasanya ditulis sebelum ekuitas. Hal tersebut untuk
menjelaskan bahwa hak kreditor atas kekayaan harus didahulukan, sedangkan hak
pemilik atas kekayaan ditangguhkan setelah semua kewajiban kepada pihak lain
dilunasi. Kasus tersebut muncul jika terjadi pailit atau pembubaran perusahaan.
Semua aktiva yang masih ada digunakan untuk melunasi semua kewajiban perusahaan,
sedangkan sisanya merupakan hak pemilik sehingga jika ada kerugian tidak
dibebankan kepada kreditor.
3)
Aktiva
Sama Dengan Kewajiban Ditambah Ekuitas Ditambah Pendapatan Dikurangi Beban (A =
K + E + P –B)
Dalam
operasinya, perusahaan memperoleh pendapatan dan menanggung beban. Pendapatan
merupakan kenaikan aktiva yang diperoleh dari hasil penjualan barang atau jasa.
Beban merupakan penurunan aktiva yang merupakan pengorbanan untuk memperoleh
pendapatan.
Pendapatan
mempunyai sifat menambah ekuitas, sedangkan beban mempunyai sifat mengurangi
ekuitas. Dengan demikian, pendapatan dan beban akan mempengaruhi ekuitas
sehingga dalam persamaan akuntansi dicatat sebagai komponen ekuitas. Persamaan
akuntansinya sebagai berikut.
Aktiva = Kewajiban + Ekuitas + Pendapatan – Beban
4)
Pengaruh
Transaksi Keuangan terhadap Persamaan Akuntansi
Persamaan
akuntansi menunjukkan posisi keuangan perusahaan. Transaksi yang terjadi dalam
perusahaan dapat mempengaruhi posisi keuangan perusahaan. Pengaruh transaksi
berupa penambahan atau pengurangan beberapa komponen persamaan akuntansi. Perubahan
komponen tersebut dikelompokkan menjadi :
Perubahan aktiva
diikuti dengan perubahan aktiva lain dalam jumlah yang sama.
Perubahan aktiva
diikuti dengan perubahan kewajiban atau sebaliknya dalam jumlah yang sama.
Perubahan aktiva
diikuti dengan perubahan ekuitas dalam jumlah yang sama.
Perubahan aktiva
diikuti dengan perubahan utang dan ekuitas dalam jumlah yang sama.
c.
Melakukan
pencatatan transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi
Contoh pencatatan
transaksi ke dalam persamaan akuntansi
Pada tanggal 1 Januari 2011,
Agata mendirikan sebuah perusahaan jasa dengan nama perusahaan jasa Mantep. Transaksi
yang terjadi selama bulan tersebut :
Transaksi 1
Tanggal 1
Januari 2011 Agata menyetorkan uang tunai untuk modal usaha sebesar Rp
7.500.000,00.
Aktiva =
Ekuitas
Kas = Modal Agata
1/1 7.500.000 = 7.500.000
Transaksi 2
Pada tanggal 4
Januari 2011 Agata meminjam uang dari BNI’46 untuk memperluas usahanya sebesar
Rp 4.500.000,00.
Aktiva =
Kewajiban + Ekuitas
Kas = Utang Bank + Modal
awal
7.500.000 = 7.500.000
4/1
+ 4.500.000 = + 4.500.000
akhir
12.000.000 = 4.500.0000
+ 7.500.000
Transaksi 3
Pada tanggal 6
Januari 2011 Agata membayar sewa gedung Rp 300.000,00.
Aktiva =
Kewajiban + Ekuitas
Kas = Utang Bank + Modal
awal
12.000.000 = 4.500.000 + 7.500.000
6/1
- 300.000 = -
300.000 (b. sewa)
akhir
11.700.000 = 4.500.000 + 7.200.000
Transaksi 4
Pada tanggal 7
januari dibeli perlengkapan Rp 2.250.000,00.
Aktiva = Kewajiban + Ekuitas
Kas + Perlengkapan = Utang Bank + Modal
awal 11.700.0000 = 4.500.000 + 7.500.000
7/1 -
2.250.000 + 2.250.000 = +
akhir
9.450.000 + 2.250.000 = 4.500.000 + 7.500.000
Transaksi 5
Pada tanggal 8
dibeli tunai peralatan servis Rp 6.000.000,00
Aktiva = Kewajiban + Ekuitas
Kas
+ Perlengkapan + Peralatan
= Utang Bank + Modal
awal
9.450.000
+ 2.250.0000 = 4.500.000 + 7.500.000
8/1
-
6.000.000 + +
6.000.000 = +
akhir
3.450.000 + 2.250.0000 +
6.000.000 = 4.500.000 + 7.500.000
III. Metode Pembelajaran :
a.
STAD (Student
Teams Achievement Divisions)
b.
Pemberian tugas
c.
Latihan soal
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran:
Langkah
|
Indikator
|
Tingkah laku guru
|
Langkah
1
|
Pengkondisian
suasana kelas
|
Salam pembuka
dan mengkondisikan suasana kelas yang kondusif untuk kegiatan belajar
mengajar.
|
Langkah
2
|
Menyampaikan tujuan dan
memotivasi
siswa
|
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
dan mengkomunikasikan kompetensi dasar
yang
akan dicapai serta memotivasi siswa
|
Langkah
3
|
Menjelaskan
materi
|
Guru
menjelaskan tentang :
a.
pengertian persamaan akuntansi
b.
bentuk-bentuk persamaan akuntansi
c.
Melakukan pencatatan transaksi ke dalam persamaan
akuntansi.
|
Langkah
4
|
Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar
|
Guru menginformasikan pengelompokkan
siswa
|
Langkah
5
|
Membimbimg
kelompok belajar
|
Guru memotivasi serta memfasilitasi kerja
siswa
dalam kelompok-kelompok belajar
|
Langkah
6
|
Evaluasi
|
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang
materi
pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
Langkah
7
|
Memberikan
penghargaan
|
Guru memberi penghargaan hasil belajar
individual
dan kelompok
|
V. Alat / Bahan Sumber Belajar
A. Alat / Bahan Belajar : Spidol
Kalkulator
White board
Power point
B. Sumber Belajar : Buku Paket Yudistira
Lembar
Kerja Siswa
VI.
Penilaian
: Tes
lisan
Tes tertulis
Hasil diskusi
dan tugas
Sukoharjo,
21 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 1 Sukoharjo Guru Mata Pelajaran
Drs. Agus Utomo MSi Arum
Hernawati S.Pd
NIP. 130680613 NIP.
131475614
Soal Diskusi :
1.Bagaimana bentuk
persamaan akuntansi? Sebutkan !
2.Apa saja
pengaruh transaksi keuangan terhadap persamaan akuntansi?
3.Menganalisis
transaksi :
Transaksi
1
Pada
tanggal 2 April 2011 Tuan Agata mendirikan perusahaan biro kontak jodoh. Tuan Agata
menyerahkan uang tunai ke perusahaan sebesar Rp. 3.000.000,00 sebagai setoran
modalnya.
Transaksi
2
Tuan Agata
merasa bahwa uang tunai yang sudah diinvestasikan ke perusahaan tidaklah cukup,
sehingga dia mengajukan permohonan pinjaman ke Bank BCA. Pinjaman yang
disetujui oleh Bank BCA untuk Tuan Agata adalah sebesar Rp. 5.000.000,00.
Transaksi
3
Membeli
peralatan seharga Rp. 450.000,00 dibayar per kas Rp. 150.000,00 sisanya dibayar
2 minggu yang akan datang.
Jawab :
Transaksi 1
HARTA = UTANG + MODAL
KAS = MODAL
3.000.000 = 3.000.000
Transaksi 2
HARTA = UTANG + MODAL
KAS = UTANG BANK + MODAL
3.000.000 = 3.000.000
+ 5.000.000 = +5.000.000
8.000.000 =
5.000.000 + 3.000.000
Transaksi 3
HARTA = UTANG + MODAL
KAS
+ PERALATAN = UTANG
BANK + MODAL
8.000.000 + = 5.000.000 + 3.000.000
(150.000) + 450.000 = +300.000
7.850.000 + 450.000 = 5.300.000 + 3.000.000
0 komentar:
Posting Komentar